Rangkuman Dimensi Profil Pelajar Pancasila

 

RANGKUMAN DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN

PROFIL PELAJAR PANCASILA

FASE D : KELAS VII-IX, KURIKULUM MERDEKA

 


 

1.      Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia

 

a.       Elemen Akhlak beragama

Subelemen:

1)     Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa

Alur Perkembangan : Memahami kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan pemahamannya tentang kualitas atau sifat-sifat Tuhan dengan konsep peran manusia di bumi sebagai makhluk Tuhan yang bertanggung jawab

 

2)     Pemahaman Agama/Kepercayaan

Alur Perkembangan : Memahami makna dan fungsi, unsur-unsur utama agama/kepercayaan dalam konteks Indonesia, membaca kitab suci, serta memahami ajaran agama/ kepercayaan terkait hubungan sesame manusia dan alam semesta.

 

3)     Pelaksanaan Ritual Ibadah

Alur Perkembangan : Melaksanakan ibadah secara rutin dan mandiri sesuai dengan tuntunan agama/kepercayaan, serta berpartisipasi pada perayaan hari-hari besar

 

b.      Elemen Akhlak pribadi

Subelemen :

1)     Integritas

Alur Perkembangan : Berani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta memahami konsekuensi konsekuensinya untuk diri sendiri dan orang lain

 

2)     Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual

Alur Perkembangan : Mengidentifikasi pentingnya menjaga keseimbangan Kesehatan jasmani, mental, dan rohani serta berupaya menyeimbangkan aktivitas fisik, sosial dan ibadah.

 

c.       Elemen Akhlak kepada manusia

Subelemen :

1)      Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan

Alur Perkembangan : Mengenal perspektif dan emosi/perasaan dari sudut pandang orang atau kelompok lain yang tidak pernah dijumpai atau dikenalnya. Mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan.

 

2)      Berempati kepada orang lain

Alur Perkembangan : Memahami perasaan dan sudut pandang orang dan/atau kelompok lain yang tidak pernah dikenalnya.

 

d.      Elemen Akhlak kepada alam

subelemen :

1)     Memahami Keterhu-bungan Ekosistem Bumi

Alur Perkembangan : Memahami konsep sebab akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta.

 

2)     Menjaga Lingkungan Alam Sekitar

Alur Perkembangan : Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut.

 

e.       Elemen Akhlak bernegara

subelemen :

1)      Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia

Alur Perkembangan : Menganalisis peran, hak, dan kewajiban sebagai warga negara, memahami perlunya mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi sebagai wujud dari keimanannya kepada Tuhan YME.

 

 

2.      Dimensi mandiri

a.        Elemen mengenal dan menghargai budaya

Subelemen

1)      Mendalami budaya dan identitas budaya

Alur Perkembangan: memahami perubahan budaya seiring waktu dan sesuai konteks, baik dalam skala lokal, regional, dan nasional. Menjelaskan identitas diri yang terbentuk dari budaya bangsa.

 

2)      mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya

Alur Perkembangan : Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial.

 

3)      Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya

Alur Perkembangan : Memahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa Indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari-hari.

 

b.       Elemen komunikasi dan interaksi antar budaya

Subelemen:

1)      Berkomunikasi antar budaya

Alur Perkembangan : Mengeksplorasi pengaruh budaya terhadap penggunaan bahasa serta dapat mengenali risiko dalam berkomunikasi antar budaya.

 

2)      Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif

Alur perkembangan : Menjelaskan asumsi asumsi yang mendasari perspektif tertentu. Memperkirakan dan mendeskripsikan perasaan serta motivasi komunitas yang berbeda dengan dirinya yang berada dalam situasi yang sulit

 

c.        Elemen refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan

Subelemen:

1)      Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan.

Alur perkembangan : Merefleksikan secara kritis gambaran berbagai kelompok budaya yang ditemui dan cara meresponnya.

 

2)      Menghilangkan stereotip dan prasangka

Alur perkembangan : Mengkonfirmasi, mengklarifikasi dan menunjukkan sikap menolak stereotip serta prasangka tentang gambaran identitas kelompok dan suku bangsa.

 

3)      Menyelaraskan perbedaan budaya

Alur perkembangan : Mengidentifikasi dan menyampaikan isu-isu tentang penghargaan terhadap keragaman dan kesetaraan budaya

 

d.       Elemen Berkeadilan Sosial

Subelemen :

1)      Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan

Alur perkembangan : Mengidentifikasi masalah yang ada di sekitarnya sebagai akibat dari pilihan yang dilakukan oleh manusia, serta dampak masalah tersebut terhadap system ekonomi, sosial dan lingkungan, serta mencari solusi yang memperhatikan prinsip-prinsip keadilan terhadap manusia, alam dan masyarakat

 

2)      Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama

Alur perkembangan : Berpartisipasi dalam menentukan kriteria dan metode yang disepakati Bersama untuk menentukan pilihan dan keputusan untuk kepentingan bersama melalui proses bertukar pikiran secara cermat dan terbuka dengan panduan pendidik

 

3)      Memahami peran individu dalam demokrasi

Alur perkembangan : Memahami konsep hak dan kewajiban serta implikasinya terhadap ekspresi dan perilakunya. Mulai aktif mengambil sikap dan langkah untuk melindungi hak orang/kelompok lain.

 

 

 

3.      Dimensi bergotong-royong,

a.      Elemen kolaborasi

Subelemen

1)      Kerja sama

Alur perkembangan: Menyelaraskan Tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama.

 

2)      Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama

Alur perkembangan: Memahami informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan yang diungkapkan oleh orang lain menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif, serta memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas hubungan interpersonal guna  mencapai tujuan bersama.

 

3)      Saling ketergantungan positif

Alur perkembangan: Mendemonstrasikan kegiatan kelompok yang menunjukkan bahwa anggota kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing perlu dan dapat saling membantu memenuhi kebutuhan

 

4)      Koordinasi Sosial

Alur perkembangan: Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama.

 

b.      Elemen kepedulian

Subelemen:

1)      Tanggap terhadap lingkungan Sosial

Alur perkembangan: Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat

 

2)      Persepsi sosial

Alur perkembangan: Menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi tertentu untuk menentukan tindakan yang tepat agar orang lain menampilkan respon yang diharapkan.

 

c.       Elemen Berbagi

Subelemen & Alur perkembangan : Mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan di sekitar tempat tinggal

 

 

 

4.      Dimensi Berkebhinekaan Global

a.      Elemen Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Subelemen :

1)      Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi

Alur perkembangan: Membuat penilaian yang realistis terhadap kemampuan dan minat , serta prioritas pengembangan diri berdasarkan pengalaman belajar dan aktivitas lain yang dilakukannya.

 

2)      Mengembangkan refleksi diri

Alur perkembangan: Memonitor kemajuan belajar yang dicapai serta memprediksi tantangan pribadi dan akademik yang akan muncul berlandaskan pada pengalamannya untuk mempertimbangkan strategi belajar yang sesuai.

 

b.      Elemen Regulasi Diri

Subelemen:

1)      Regulasi emosi

Alur perkembangan: Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun Langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain.

 

2)      Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya

Alur perkembangan: Merancang strategi yang sesuai untuk menunjang pencapaian tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan dirinya, serta situasi yang dihadapi.

 

3)      Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandir

Alur perkembangan: Mengkritisi efektivitas dirinya dalam bekerja secara mandiri dengan mengidentifikasi hal-hal yang menunjang maupun menghambat dalam mencapai tujuan

 

4)      Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri

Alur perkembangan: Berkomitmen dan menjaga konsistensi pencapaian tujuan yang telah direncanakannya untuk mencapai tujuan belajar dan pengembangan diri yang diharapkannya

 

5)      Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif

Alur perkembangan: Membuat rencana baru dengan mengadaptasi, dan memodifikasi strategi yang sudah dibuat ketika upaya sebelumnya tidak berhasil, serta menjalankan kembali tugasnya dengan keyakinan baru

 

 

 

5.      Dimensi bernalar kritis

a.      Elemen memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

Subelemen:

1)      Mengajukan pertanyaan

Alur perkembangan: Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut.

 

2)      Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan

Alur perkembangan: Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu

 

b.      Elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya

Subelemen:

1)      Elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya

Alur perkembangan: Menalar dengan berbagai argumen dalam mengambil suatu simpulan atau keputusan

 

c.       Elemen refleksi pemikiran dan proses berpikir

Subelemen:

1)      Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri

Alur perkembangan : Menjelaskan asumsi yang digunakan, menyadari kecenderungan dan konsekuensi bias pada pemikirannya, serta berusaha mempertimbangkan perspektif yang berbeda

 

6.      Dimensi kreatif

a.      Elemen menghasilkan gagasan yang orisinal

Subelemen & alur perkembangan: Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampaknya bagi orang lain

 

b.      Elemen memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

Subelemen & alur perkembangan: Menghasilkan solusi alternatif dengan mengadaptasi berbagai gagasan dan umpan balik untuk menghadapi situasi dan permasalahan

 

 

­Sumber : Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, Nomor 009/H/Kr/2022
Tentang Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi

Review Buku

Resensi Buku