Rangkuman Dimensi Profil Pelajar Pancasila
RANGKUMAN DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN
PROFIL PELAJAR PANCASILA
FASE D : KELAS VII-IX, KURIKULUM MERDEKA
1.
Dimensi
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia
a.
Elemen Akhlak
beragama
Subelemen:
1)
Mengenal
dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa
Alur Perkembangan : Memahami kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari
serta mengaitkan pemahamannya tentang kualitas atau sifat-sifat Tuhan dengan
konsep peran manusia di bumi sebagai makhluk Tuhan yang bertanggung jawab
2)
Pemahaman
Agama/Kepercayaan
Alur Perkembangan : Memahami makna dan fungsi, unsur-unsur utama
agama/kepercayaan dalam konteks Indonesia, membaca kitab suci, serta memahami
ajaran agama/ kepercayaan terkait hubungan sesame manusia dan alam semesta.
3)
Pelaksanaan
Ritual Ibadah
Alur Perkembangan : Melaksanakan ibadah secara rutin dan mandiri sesuai
dengan tuntunan agama/kepercayaan, serta berpartisipasi pada perayaan hari-hari
besar
b.
Elemen Akhlak
pribadi
Subelemen :
1)
Integritas
Alur
Perkembangan : Berani dan konsisten menyampaikan
kebenaran atau fakta serta memahami konsekuensi konsekuensinya untuk diri
sendiri dan orang lain
2)
Merawat
Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual
Alur
Perkembangan : Mengidentifikasi pentingnya
menjaga keseimbangan Kesehatan jasmani, mental, dan rohani serta berupaya menyeimbangkan
aktivitas fisik, sosial dan ibadah.
c.
Elemen Akhlak
kepada manusia
Subelemen :
1)
Mengutamakan
persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan
Alur
Perkembangan : Mengenal perspektif dan emosi/perasaan
dari sudut pandang orang atau kelompok lain yang tidak pernah dijumpai atau
dikenalnya. Mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan sebagai alat
pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan.
2)
Berempati
kepada orang lain
Alur
Perkembangan : Memahami perasaan dan sudut
pandang orang dan/atau kelompok lain yang tidak pernah dikenalnya.
d.
Elemen Akhlak
kepada alam
subelemen :
1)
Memahami Keterhu-bungan
Ekosistem Bumi
Alur Perkembangan
: Memahami konsep sebab akibat di antara berbagai ciptaan
Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau
buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta.
2)
Menjaga Lingkungan
Alam Sekitar
Alur
Perkembangan : Mewujudkan rasa syukur dengan
berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan
mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut.
e.
Elemen Akhlak
bernegara
subelemen :
1)
Melaksanakan
Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia
Alur Perkembangan : Menganalisis peran, hak, dan kewajiban sebagai
warga negara, memahami perlunya mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan
pribadi sebagai wujud dari keimanannya kepada Tuhan YME.
2.
Dimensi mandiri
a.
Elemen mengenal dan
menghargai budaya
Subelemen
1)
Mendalami budaya dan
identitas budaya
Alur Perkembangan:
memahami perubahan budaya seiring waktu dan sesuai konteks, baik dalam skala
lokal, regional, dan nasional. Menjelaskan identitas diri yang terbentuk dari budaya
bangsa.
2)
mengeksplorasi dan membandingkan
pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya
Alur Perkembangan : Memahami dinamika budaya
yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks
personal dan sosial.
3)
Menumbuhkan rasa menghormati
terhadap keanekaragaman budaya
Alur Perkembangan : Memahami pentingnya melestarikan
dan merayakan tradisi budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan
bangsa Indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan
sehari-hari.
b.
Elemen komunikasi dan
interaksi antar budaya
Subelemen:
1)
Berkomunikasi antar budaya
Alur Perkembangan :
Mengeksplorasi pengaruh budaya terhadap penggunaan bahasa serta
dapat mengenali risiko dalam berkomunikasi antar budaya.
2)
Mempertimbangkan dan
menumbuhkan berbagai perspektif
Alur perkembangan :
Menjelaskan asumsi asumsi yang mendasari perspektif tertentu. Memperkirakan
dan mendeskripsikan perasaan serta motivasi komunitas yang berbeda dengan dirinya
yang berada dalam situasi yang sulit
c.
Elemen refleksi dan
bertanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan
Subelemen:
1)
Refleksi terhadap pengalaman
kebinekaan.
Alur perkembangan :
Merefleksikan secara kritis gambaran berbagai kelompok budaya yang
ditemui dan cara meresponnya.
2)
Menghilangkan stereotip dan
prasangka
Alur perkembangan
: Mengkonfirmasi, mengklarifikasi dan menunjukkan sikap menolak stereotip
serta prasangka tentang gambaran identitas kelompok dan suku bangsa.
3)
Menyelaraskan perbedaan
budaya
Alur perkembangan :
Mengidentifikasi dan menyampaikan isu-isu tentang penghargaan terhadap
keragaman dan kesetaraan budaya
d.
Elemen Berkeadilan Sosial
Subelemen :
1)
Aktif membangun masyarakat
yang inklusif, adil, dan berkelanjutan
Alur perkembangan
: Mengidentifikasi masalah yang ada di sekitarnya sebagai akibat dari pilihan
yang dilakukan oleh manusia, serta dampak masalah tersebut terhadap system ekonomi,
sosial dan lingkungan, serta mencari solusi yang memperhatikan prinsip-prinsip keadilan
terhadap manusia, alam dan masyarakat
2)
Berpartisipasi dalam proses
pengambilan keputusan bersama
Alur perkembangan : Berpartisipasi dalam menentukan
kriteria dan metode yang disepakati Bersama untuk menentukan pilihan dan
keputusan untuk kepentingan bersama melalui proses bertukar pikiran secara cermat
dan terbuka dengan panduan pendidik
3)
Memahami peran individu
dalam demokrasi
Alur perkembangan :
Memahami konsep hak dan kewajiban serta implikasinya terhadap ekspresi
dan perilakunya. Mulai aktif mengambil sikap dan langkah untuk melindungi hak orang/kelompok
lain.
3.
Dimensi bergotong-royong,
a.
Elemen
kolaborasi
Subelemen
1)
Kerja
sama
Alur perkembangan:
Menyelaraskan Tindakan sendiri dengan tindakan orang
lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar,
serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai
tujuan bersama.
2)
Komunikasi
untuk mencapai tujuan bersama
Alur perkembangan:
Memahami informasi, gagasan, emosi, keterampilan
dan keprihatinan yang diungkapkan oleh orang lain menggunakan berbagai simbol
dan media secara efektif, serta memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas hubungan
interpersonal guna mencapai tujuan bersama.
3)
Saling ketergantungan
positif
Alur perkembangan: Mendemonstrasikan kegiatan kelompok yang menunjukkan
bahwa anggota kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing perlu
dan dapat saling membantu memenuhi kebutuhan
4)
Koordinasi
Sosial
Alur perkembangan:
Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam
kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama.
b.
Elemen
kepedulian
Subelemen:
1)
Tanggap terhadap
lingkungan Sosial
Alur perkembangan:
Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan
tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat
2)
Persepsi sosial
Alur perkembangan:
Menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan
orang lain menampilkan reaksi tertentu untuk menentukan tindakan yang tepat
agar orang lain menampilkan respon yang diharapkan.
c. Elemen Berbagi
Subelemen & Alur perkembangan
: Mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada masyarakat
yang membutuhkan bantuan di sekitar tempat tinggal
4.
Dimensi
Berkebhinekaan Global
a.
Elemen Pemahaman
diri dan situasi yang dihadapi
Subelemen :
1)
Mengenali
kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi
Alur perkembangan:
Membuat penilaian yang realistis terhadap kemampuan
dan minat , serta prioritas pengembangan diri berdasarkan pengalaman belajar
dan aktivitas lain yang dilakukannya.
2)
Mengembangkan
refleksi diri
Alur perkembangan:
Memonitor kemajuan belajar yang dicapai serta memprediksi
tantangan pribadi dan akademik yang akan muncul berlandaskan pada pengalamannya
untuk mempertimbangkan strategi belajar yang sesuai.
b.
Elemen Regulasi
Diri
Subelemen:
1)
Regulasi emosi
Alur perkembangan:
Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi
dan pengekspresiannya dan menyusun Langkah-langkah untuk mengelola emosinya
dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain.
2)
Penetapan
tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya
Alur perkembangan:
Merancang strategi yang sesuai untuk menunjang pencapaian
tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri dengan mempertimbangkan kekuatan
dan kelemahan dirinya, serta situasi yang dihadapi.
3)
Menunjukkan
inisiatif dan bekerja secara mandir
Alur perkembangan:
Mengkritisi efektivitas dirinya dalam bekerja secara
mandiri dengan mengidentifikasi hal-hal yang menunjang maupun menghambat dalam mencapai
tujuan
4)
Mengembangkan
pengendalian dan disiplin diri
Alur perkembangan: Berkomitmen dan menjaga
konsistensi pencapaian tujuan yang telah direncanakannya untuk mencapai tujuan belajar
dan pengembangan diri yang diharapkannya
5)
Percaya
diri, tangguh (resilient), dan adaptif
Alur perkembangan:
Membuat rencana baru dengan mengadaptasi, dan
memodifikasi strategi yang sudah dibuat ketika upaya sebelumnya tidak berhasil,
serta menjalankan kembali tugasnya dengan keyakinan baru
5.
Dimensi bernalar
kritis
a.
Elemen memperoleh
dan memproses informasi dan gagasan
Subelemen:
1)
Mengajukan
pertanyaan
Alur perkembangan: Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi
informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut.
2)
Mengidentifikasi,
mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan
Alur perkembangan: Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan menganalisis
informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu
b.
Elemen menganalisis
dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya
Subelemen:
1)
Elemen menganalisis
dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya
Alur perkembangan: Menalar dengan berbagai argumen dalam mengambil suatu simpulan
atau keputusan
c.
Elemen refleksi
pemikiran dan proses berpikir
Subelemen:
1)
Merefleksi
dan mengevaluasi pemikirannya sendiri
Alur perkembangan : Menjelaskan asumsi yang digunakan,
menyadari kecenderungan dan konsekuensi bias pada pemikirannya, serta berusaha mempertimbangkan
perspektif yang berbeda
6.
Dimensi kreatif
a.
Elemen menghasilkan
gagasan yang orisinal
Subelemen & alur perkembangan: Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam
bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampaknya
bagi orang lain
b.
Elemen memiliki
keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan
Subelemen & alur perkembangan: Menghasilkan solusi alternatif dengan mengadaptasi berbagai gagasan
dan umpan balik untuk menghadapi situasi dan permasalahan
Sumber
: Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen
Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, Nomor
009/H/Kr/2022
Tentang Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada
Kurikulum Merdeka
Komentar
Posting Komentar